Tugas Kewarganegaraan (Part 3)

Posted: Mei 20, 2011 in ALL NEWS

ama : Tiyas Adijaya Saputra
NPM : 36109118
Kelas : 2DB18

Tugas Kewarganegaraan (Part 3)

Coba anda jelaskan apa yang dimaksud dengan :

1. Aspek alamiah ketahanan nasional yang meliputi :

a. Posisi dan lokasi geografi negara

b. Keadaan dan kekayaan alam

c. Keadaan dan kemampuan penduduk

2. Aspek sosial/kemasyarakatan adalah :

a. Ideologi

b. Politik

c. Sosial

d. Budaya

e. Pertahanan dan Keamanan

3. Menurut anda bagaimana peranan ideologi Pancasila dalam perkembangan Bangsa indonesia saat ini?

Jawaban

1.a. Posisi dan lokasi geografi negara

 Indonesia terletak di antara 6º LU – 11º LS dan 95º BT – 141º BT, antara Lautan Pasifik dan Lautan Hindi, antara benua Asia dan benua Australia, dan pada pertemuan dua rangkaian pergunungan, iaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterranean.wilayah Indonesia begitu luas baik laut maupun darat,sehingga Indonesia memiliki ketahanan yang kuat baik laut maupun darat.

b.  Keadaan dan kekayaan alam

kondisi geologi, geografi, fisiografi, kekayaan sumberdaya mineral dan energi serta kebencanaan memberikan kekuatan dan peluang sekaligus kelemahan dan ancaman dalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Jadi, kondisi geologi, geografi fisiografi, kekayaan sumberdaya mineral dan energi, serta kebencanaan selain dapat memberikan kekuatan juga dapat sebagai ancaman bagi bangsa Indonesia. Untuk itu, tinggal bagaimana bangsa Indonesia dapat mengelola dan memanfaatkan sumberdaya yang dimimiliki tersebut.

c. Keadaan dan kemampuan penduduk

Masalah kependudukan Indonesia dalam hal kualitas adalah masalah kependudukan dalam hal mutu kehidupan dan kemampuan sumber daya manusianya. Di Indonesia, masalah kualitas penduduk yang terjadi, antara lain, dipengaruhi oleh masih rendahnya tingkat pendidikan dan kualitas sumber daya manusia, rendahnya taraf kesehatan sehingga kesemuanya itu pada akhirnya mengarah pada rendahnya pendapatan perkapita masyarakatnya.

2. a. Ideologi

Ideologi pada suatu negara diartikan sebagai guiding of principles atau prinsip yang menjadi dasar suatu bangsa. Ideologi merupakan konsep yang mendalam mengenai kehidupan yang diinginka/dicita-citakan serta yang ingin diiperjuangkan dalam kehidupan nyata. Ideologi dapat dijabarkan kedalam sistem nilai kehidupan, yaitu serangkaian nilai yang tersusun secara sistematis dan merupakan kebulatan ajaran dan doktrin.

b. Politik

Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.

c. Sosial

Mengembangkan kehidupan bangsa yang serasi antara masyarakat yang berbeda, dari segi budaya, status sosial, maupun daerah. Contohnya dengan pemerataan pendidikan di semua daerah dan program wajib belajar harus diprioritaskan bagi daerah tertinggal.

d. Budaya

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.[1] Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.[1] Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

e. Pertahanan dan Keamanan

Membangun rasa persatuan, sehingga ancaman suatu daerah atau pulau juga menjadi ancaman bagi daerah lain. Rasa persatuan ini dapat diciptakan dengan membangun solidaritas dan hubungan erat antara warga negara yang berbeda daerah dengan kekuatan keamanan.

3. Ideolaogi pancasila memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan Bangsa Indonesia.karena,Pancasila merupakan tatanan nilai yang digali/dikristalisasikan dari nilai-nilai dasar budaya bangsa Indonesia yang sudah sejak ratusan tahun lalu tumbuh berkembang dalam masyarakat di Indonesia.sehingga apapun yang dilakukan oleh bangsa Indonesia untuk menjadi lebih maju,harus sesuai dengan ketentuan yang tercantuk di basar Negara karena,itu merupakan cita-cita bangsa Indonesia,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s