Perjalanan Demokrasi

Posted: Mei 18, 2011 in ALL NEWS

12 Mei 13 tahun yang lalu kita menapaki sebuah tahapan menunju perubahan.setelah 13 tahun reformasi berjalan,adakah semua harapan dan cita-cita menjadi kenyataan?salah satu amanat reformasi adalah pemerintahan yang bersih dari korupsi,kolusi,dan nepotisme.nyatanya,hingga sekarang kasus korupsi  tak kenal henti.

Perlu sebuah perubahan kontruksi mental untuk menggapai cita-cita reformasi.bagaimana pula dengan sisi pembangunan? Untuk menjawabnya,perangkat yang bisa digunakan sebagai tolok ukur kemajuan pembnangunan adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM).indeks ini menggambarkan tingkat pencapaian pembangunan suatu Negara dibidang ekonomi,pendidikan,dan kesehatan. Dimana Peringkat kita masih belum beranjak dari 100 besar dunia.

Dengan semua catatan diatas,pendek kata,kemiskinan,ketimpangan,korupsi,dan ketidakadilan masih menjadi musuh besar bangsa ini.Antropolog Koentjaraningrat dalam kebudayaan,mentalitas,dan pembangunan(1974) menguraikan syarat-syarat untuk menuju sebuah bangsa yang hendak mengitensifkan pembangunan.

Diantaranya,harus ada banyak dari warga banagsa ini yang berorientasi ke masa depan,lebih menilai tinggi hasrat eksploitasi untuk mempertinggi kapasitas berinovasi,syarat yang lain,menilai tinggi orientasi kea rah pencapain karya.

Perlu sebuah perubahan kontruksi mental untuk menggapai cita-cia refprmasi. kultur demokrasi harus terus dibangun sebagai jalan hidup ke dalam struktur lembaga-lembaga social.dengan begitu kita akan membangun negeri ini menuju adil,makmur melalui kekuatan keteladanan gotong-royong dengan kerja keras.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s