Mendeteksi dini cegah Talasemia

Posted: Mei 18, 2011 in ALL NEWS

Deteksi dini terhadap talasemia sangat penting dilakukan,untuk member pengobatan yang maksimal.Talasemia adalah kelainan pada darah akibat sumsum tulang belakang tidak protein untuk memproduksi sel darah merah(hemoglobin).

Kini jumlah penderita talasemia semakin meningkat dari tahun ke tahun.penyakit talasemia hanya dapat terjadi bila 25% sel darah merah seseorang normal menikah dengan 50 % sel darah  seseorang yang terinfeksi talasemia,maka akan menurunkan sifat atau gen talasemia kepada anak-anaknya dan akan mendapatkan keturunan yang terkena talasemia.

Skrining talasemia dapat diketahui di dalam keluarga memiliki riwayat penderita talasemia.penyakit talasemia sekilas menyerupai anemia.seorang penderita talasemia wajib melakuakan transfuse darah setiap 1-2 bulan sekali.

Jika si penderita mengalami kelebihan zat besi yang terbawa saat transfuse,akan menimbulkan bahaya tersendiri bagi tubuhnya karena dapat terakumulasi dan merusak organ tubuh mereka.di Indonesia sendiri masih sulit menangani penderita talasemia.saat ini  di Indonesia setiap penderita talasemia harus mengeluarkan Rp.200-300 juta/tahun dan biaya ini diluar biaaya  jika si penderita mengalami komplikasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s