KETERBATASAN EMANSIPASI POLITIK PARA PEREMPUAN

Posted: April 29, 2011 in ALL NEWS

Walaupun perempuan mendominasi 35% dari 250 juta penduduk di Indonesia berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2010 dan telah banyak berkontribusi bagi pembangunan di segala bidang,representasi politik perempuan sendiri masih berada dalam posisi tidak setara dengan politiknya kaum pria.

Adapun representasi politik perempuan di parlemen local juga tak jauh beda,hanya berkisar di angka 16,47%.tercatat bahwa dari 9 fraksi partai,tidak satu pun yang menaati aturan 30% representasi politik perempuan tersebut.

Adapun hingga kini masih banyak perempuan yang enggan menyuarakan aspirasinya ke DPR maupun DPRD karena menganggap politik merupakan arenanya kaum kali-laki.adapun kultur tradisional tersebut bersumber pada  hal,yaitu budaya Indonesia yang bersifat feodalistis dan patrialis,masyarakat Indonesia yang memiliki pemahaman dan penafsiran yang konservatif tentang ajaran-ajaran agama,dan hegemoni Negara yang masih sangat dominan.

Adapaun produk undang-undang yang dibuat oleh DPR selama ini belum menghasilkan undang-undang yang benar-benar pro-gender,karena posisi politikus perempuan sendiri justru mengalami maskulinisasi politik untuk memperjuangakan hak-hak perempuan dalam undang-undang.

Akibatnya,yang terjadi adalah pragmatisme politik dalam memperjuangkan emansipasi perempuan,karena mayoritas politikus perempuan kini lebih banyak bermain”aman” dan tidak bersikap kritis demi menjaga posisis mereka dan mendukung setiap langkah politik politikus laki-laki.

Rendahnya representasi sekaligus partisipasi politik perempuan itu sendiri bisa ditanggulangi dengan sosialisasi efektif yang dilakukan oleh media,LSM,dan pemangku kepentingan yang menruh concern kepada perempuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s