Landasan Pancasila

Posted: Januari 10, 2011 in ALL NEWS

Landasan Pancasila

  • Landasan historis

Bangsa Indonesia terbentuk melalui proses yang panjang mulai jaman kerajaan sampai datangnya penjajah.bangsa Indonesia memiliki prinsip yang tersimpul dalam pandangan hidup serta filsafat hidupdimana didalamnya tersimpul cirri khas,karakter bangsa yang berbeda dengan bangsa lain.

Dalam era reformasi bangsa Indonesia harus memiliki nasionalisme yang kuat,hal ini dapat terlaksana dengan kesadaran berbangsa yang berakar pada sejarah bangsa.

Secara historis nilai – nilai pancasila tersebut tidak lain adalah dari bangsa Indonesia sendiri,atau bangsa Indonesia sebagai kausa materialis pancasila.

 

  • Landasan Kultural

Bangsa Indonesia mendasarkan pandangan hidupnya dalam masyarakat,berbangsa dan bernegara pada suatu asas cultural yang dimiliki dan melekat pada bangsa itu sendiri.

 

  • Landasan Filosofis

Pancasila sebagai dasar filsafat Negara dan pandangan filosofis bangsa Indonesia.Secara filosofis bangsa Indonesia sebelum mendirikan Negara adalah sebagai bangsa yang berketuhanan dan berkemanusiaan,hal ini berdasarkan kenyataan obyektif bahwa manusia adalah Tuhan YME.

Komentar
  1. Anonim mengatakan:

    makasi atas informasinya.
    tapi kalau boleh memberi saran kalimat “kenyataan obyektif bahwa manusia adalah Tuhan YME.” saya kurang setuju, karena manusia bukanlah Tuhan YME, kalau mungkin manusia diciptakan oleh Tuhan YME saya setuju.
    terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s