BIODIESEL DARI BIJI NYAMPLUNG

Posted: Mei 12, 2011 in ALL NEWS

Biofuel juga bisa dibuat dari biji nyamplung.Tumbuhan dengan nama latin Calophyllum inopyllum ini memang belum banyak dikenal,dan selama ini hanya dimanfaatkan kayu dan getahnya.

Penelitian kandungan Biofuel di tanaman biji nyamplung sudah gencar dilakukan sejak tahun 2007.Setiap tamanan nyamplung menghasilkan 20 ton biji nyamplung ,per tahun.dimana kandungan minyak yang dapat diolah menjadi biodiesel dari biji nyamplung ini sekitar 40-73 persen.

Budidaya nyamplung relative lebih mudah.proses pengolahan biji nyamplung menjadi biodiesel dilakukan tanpa katalis,melalui saka-daban atau yang juga dikenal dengan methanol superkritik.

Proses saka-daban dianggap lebih lunak dibandingkan proses saka saja.proses ini dilakukan melalui dua tahap reaksi,yaitu hidrolisis dan esterifikasi.Minyak Nabati(trigliserida) yang dihidrolisis melalui Proses saka-daban akan menghasilkan asam lemak bebas,gliserol,dan air.sebelum memasuki tahap esterifikasi,harus dilakukan pemisahan minyak nabati dari gliserol,dan air,yaitu dengan menggunakan methanol.

Proses esterifikasi akan menghasilkan biodiesel berupa metal ester,air,dan sisa methanol.Hasil samping yang dihasilkan berupa gliserol,resin,dan air yang mengandung gliserol.gliserol yang dihasilkan dari proses ini memiliki kemurnian 97,2 persen masa.

Produk sampingan ini merupakan salah satu keunggulan karena juga mempunyai nilai ekonomi tinggi.sedngkan resin dan minyak biji nyamplung mengandung koumarin-koumarin seperti inofilum A,B,P(soulatrolid) dan lain-lain (Soerawajidjaja:2008)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s